10 Taman bunga yang indah nan eksotis di Indonesia 10 Taman bunga yang indah nan eksotis di Indonesia | Media Ranah Jaya Media Ranah Jaya 10 Taman bunga yang indah nan eksotis di Indonesia | Media Ranah Jaya

Wednesday, 6 March 2013

10 Taman bunga yang indah nan eksotis di Indonesia


1. Taman Bunga Nusantara, Cianjur
taman bunga yang indah
Taman Bunga Nusantara adalah sebuah taman bunga seluas 23 hektare yang terletak dekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Jakarta. Di taman ini disimpan berbagai tipe bunga dan tanaman, dalam hal ini terutama budi daya anggrek. Diperkirakan ada sekitar 2000 jenis anggrek yang dirawat di tempat ini.
Di tempat ini terdapat juga fasilitas hiburan untuk anak-anak berupa minicar, restaurant dan juga permainan ketangkasan.
Taman Bunga Nusantara diresmikan oleh Tien Soeharto pada 10 September 1995.


2. Orchid Gardens, Bali
taman bunga yang indah
Bali Orchid Garden adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat keindahan taman bunga di sebelah timur Bali, taman terletak di dekat dengan Sanur, Bali. Taman tropis yang menyediakan lingkungan yang damai, santai di mana bunga anggrek indah mekar sepanjang tahun. Kebun raya ini terbuka untuk wisatawan individu, kelompok tur dan fungsi pribadi. Dalam hal ini surga taman tropis ini ditumbuhi banyak tanaman tropis yang berbeda dari Cordylines, Bromeliads, Heliconia, Aroids, tanaman Pitcher (nepenthes) dan banyak, banyak lagi dari Indonesia dan luar negeri.

3. Taman Bunga Sakura, Kebun Raya Cibodas
taman bunga yang indah
Tak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang untuk menikmati keindahan Sakura. Di Kebun Raya Cibodas, kita bisa melihat pohon Sakura yang sudah ditanam sejak tahun 1953 yang akan berbunga pada sekitar bulan Januari-Februari atau Februari-Maret. Di Kebun Raya Cibodas telah ditanam ratusan pohon Sakura dengan 7 jenis tanaman Sakura yaitu Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp., Prunus arborea, dan Prunus costata. Sekarang kita bisa menikmati `hanami`(tradisi melihat bunga) tanpa harus pergi ke Jepang dengan melihat mekarnya bunga Sakura di Cibodas.

4. Kota Bunga Tomohon, Sulawesi Utara
taman bunga yang indah
Dikenal sebagai Kota Bunga, Tomohon adalah  bukit resor belokasi 22 km di timur ibu kota provinsi Sulawesi Utara yaitu Manado. Tomohon terdiri dari 35 desa di 5 sub distrik yaitu Barat, Timur, Tengah, Selatan dan Utara Tomohon. Di sepanjang jalan Tomohon baik sisi kanan mau pun kiri terdapat rumah makan dan penginapan. Pemandangan di sini didominasi oleh pohon kelapa.
Kondisi tanah yang subur dan udara yang sejuk membuatnya cocok untuk membudidayakan berbagai jenis bunga dan sayuran. Kota ini dikenal sebagai penghasil bunga. Saat musim berbunga tiba maka di sinilah tempat bunga-bunga indah bermekaran bahkan taman di rumah penduduk lokal dapat turut Anda nikmati.
Festival bunga tahunan Tomohon di selenggarakan bulan Juni dan Juli. Selama perhelatan ini Anda bisa melihat parade bunga di jalanan kota. Perlombaan bunga hias juga diselenggarakan selama festival ini dengan peserta yang berasal dari 94 kota.

5. Taman Bunga Selecta, Malang
taman bunga yang indah
Apa rasanya liburan ke taman yang dipenuhi bunga warna-warni. Selecta, Batu, Malang menawarkan kecantikan taman bunga yang sangat menggoda. Yuk liburan bertabur bunga di Taman Selecta!
Dulunya, Kota Malang dijadikan tempat peristirahatan para bangsawan Belanda. Udaranya yang sejuk dan panoramanya yang indah menjadi pilihan utama mengapa kota ini jadi tempat para bangsawan. Salah satu destinasi wisata yang sudah dibangun pada masa Belanda adalah Taman Wisata Selecta.
Bukan sekadar taman wisata biasa, ini adalah taman bunga nan cantik yang berpadu dengan water park sederhana. Letaknya yang berada di 1.200 mdpl membuat bunga-bunga di sini tumbuh dengan sehat dan segar. Diperlukan sekitar 1 jam dari Malang untuk sampai ke Kota Batu.

6. Kebun Bunga Sidomulyo, Malang
taman bunga yang indah
Jawa Timur punya beberapa wisata agro yang menarik untuk dikunjungi. Jika Anda ingin liburan yang romantis, coba saja datang ke Sidomulyo, Batu. Desa ini punya kebun dengan bunga yang berwarna-warni.
Berada pada ketinggian 1.100 mdpl membuat Desa Sidomulyo, Batu, Jawa Timur sangat cocok untuk perkebunan bunga. Selain karena alamnya yang indah, wisata di kebun bunga ini juga tak kalah menarik. Jika Anda mencari destinasi yang romantis, coba saja datang ke perkebunan ini.
Desa Sidomulyo sudah lama terkenal sebagai tempat budi daya bunga terbesar di Jawa Timur. Letaknya cukup strategis, sekitar 8 km dari pusat Kota Batu. Aksesnya juga mudah, semua kendaraan bermotor bisa dijadikan pilihan untuk sampai ke perkebunan ini.

7. Taman Bukit Bougenville, Singkawang
taman bunga yang indah
Saat liburan ke Singkawang, Kalimantan Barat, jangan lupa pergi ke Taman Bukit Bogenville. Di sana, Anda bisa menikmati kecantikan bunga aneka warna dan udara yang sejuk. Cocok dijadikan tempat rekreasi.
Taman Bougenville terletak di Desa Sijangkung, 6 km dari Kota Singkawang. Tepatnya di kaki bukit Gunung Pasi. Kawasan wisata ini terasa begitu asri karena dikelilingi oleh hutan dan perkebunan.
Sesuai dengan namanya, Taman Bukit Bougenville didominasi oleh bunga bougenville (Bougenvillea spectabilis) beraneka warna. Bougenville, atau yang biasa disebut dengan nama bunga kertas, adalah koleksi utaman Taman Bukit Bougenville. Tak tanggung-tanggung, aneka bougenville yang ditanam berasal dari dalam dan luar negeri. Terhitung ada sekitar 46 spesies bunga bougenville di taman ini.

8. Taman Bunga Cihideung, Bandung
taman bunga yang indah
Taman Bunga Cihideung lokasinya berada 4,7 km dari tikungan jalan Setiabudi-Sersan Bajuri tadi dengan ketinggian sekira 1.100 meter di atas permukaan laut, daerah Cihideung Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung. Dengan luas lahan sekita 50 hektar, desa wisata bunga cihideung merupakan kebun bunga raksasa. Pekarangan rumah-rumah penduduk nyaris tak ada yang ”menganggur”, selalu ada polybag-polybag berisi tanaman hias. Sekira 80% dari penduduk desa ini memang berprofesi sebagai petani bunga, baik bunga potong maupun bunga tanaman hias. Namun sebagian besar menanam tanaman hias yang dipasarkan di seantero negeri, terutama untuk kota besar terdekatnya seperti Bandung dan Jakarta.

9. Taman Bunga Dataran Tinggi Dieng
taman bunga yang indah
Dataran tinggi dieng ternyata bukan hanya ada kawah, candi, gua, dan air panas. Tetapi ada juga suatu sabana yang dipenuhi dengan bunga cantik berwarna warni disepanjang hamparan sabananya.
Puncak gunung prau disanalah sabana itu berada. Tidak banyak yg mendaki gunung prau ini atau mungkin kalah populer oleh gunung-gunung di jawa tengah lainnya. Karena rasa penasaran saya yang besar apalagi setelah mendengar bahwa dipuncak gunung prau terhampar sabana sepanjang mata memandang dengan pemandangan puncak-puncak gunung dijawa tengah lainnya.

10. Kebun Raya Eka Karya Bedugul, Bali
taman bunga yang indah
Mengunjungi Bedugul tidak lengkap kalau tidak singgah ke Kebun Raya Eka Karya (Botanical Garden), hanya terletak sekitar 2 km dari objek wisata danau Beratan. Lebih terkenal dengan nama kebun Raya Bedugul ini, lokasi di desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, berbatasan dengan wilayah Kabupaten Buleleng. Sekitar 63 km dari bandara ngurah Rai atau sekitar 1.5 jam perjalanan dengan kendaraan motor atau mobil. Terletak di dataran tinggi sekitar 1.300 di atas permukaan laut, membuat cuaca di sini sangat dingin dan cenderung berkabut, walaupun pada siang hari tempat ini selalu sejuk, sehingga tanaman-tanaman tropis bisa tumbuh dengan bagus di kawasan ini.
Yang membuat wisatawan yang liburan ke Bali tertarik untuk berkunjung ke Kebun Raya Bedugul, keindahan alam pegunungan dan taman yang tertata rapi, indah dan asri. Dengan luas 157 hektar, wisatawan bisa menikmati dengan puas taman dan hutan tropis dengan koleksi sampai 16.00 tanaman, bersenda gurau, berpetualang dan menikmati keindahan hutan yang sesungguhnya, begitu juga berbagai taman bunga yang sudah dibagi sesuai dengan jalur-jalurnya, seperti deretan pohon cemara, tanaman anggrek dan kaktus, tanaman tradisional khas bali yang sering digunakan sebagai obat dan bumbu masak, berbagai jenis paku-pakuan yang semua tumbuh subur dan terpelihara di sini, dan juga bisa ditemui jalur burung yang bisa melihat berbagai burung yang hidup dilingkungannya.


source:
bilamana terdapat kesalahan dalam artikel di atas mohon diralat, terima kasih.

' '

23 komentar:

  1. .. bagus^ ya?!? namun setau aq hanya di malang. cz deket ma surabaya. he..86x ..

    ReplyDelete
  2. wah..dari jakarta ga masuk kriteria ya mas...hehe

    ReplyDelete
  3. wahh cantik bener ^_^ .. program acara tv swasta psti yg ngambil tmpt ini :) .

    ReplyDelete
  4. wah benar" exotis dan mempesona sobat,makasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  5. beuh keren sob, itu tamannya :D

    kapan2 kesana deh,

    ReplyDelete
  6. Wah, saya sangat sukaa taman bungaa...^ ^

    ReplyDelete
  7. Ijin nyimak Taman Bunga disini sobat. sepertinya sangat indah dan nyaman
    terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  8. nitip lapak...jual cream pemuti wajah,,,CREAM ANISA...085743348834,,,,

    http://herbal-muna.blogspot.com/2013/04/pemutih-wajah-alami-cream-anisa-herbal.html

    ReplyDelete
  9. taman bunga adalah destinasi witasa yang oke, untuk suasana rekreasi, taman bunga itu komplit, skalian belajar ;)

    ReplyDelete
  10. Sangat indah,membuat hti nyman

    ReplyDelete
  11. kapan taman-taman itu pindah ke halaman rumahku?

    ReplyDelete
  12. wah taman-taman yang indah
    bunga-bunganya cantik-cantik juga
    taman kita juga bisa tuh kaya gitu
    ditanami bunga sendiri .. heheheee
    di www.kebunbibit.com banyak menyediakan tanaman hias looh
    cek bunga-bunganya gan, bagus2

    gak usah khawatir soal paket kirimnya rapi banget ^_^ gak perlu khawatir soal kondisi barang :D

    ReplyDelete
  13. Wah sayang di tempat saya gak ada ...

    ReplyDelete
  14. Informasinya bagus sob buat nambah pengetahuan tentang taman bunga. terimakasih banyak sob

    ReplyDelete
  15. Wah kembangnya bagust, ternyata Indonesia punya cukup banyak taman bunga yang menarik yang patut di kunjungi

    ReplyDelete
  16. Sebenarnya Indonesia memliki banyak potensi keindahan alam. Tinggal kitanya saja yang mau atau tidak memaksimalkan peluang ini.

    ReplyDelete
  17. I'm Flowers Lover... subanallah ya. di Malang banyak taman bunga loh, alhamdulillah. info tempat wisata klik http://duniawisataku.com/ :)

    ReplyDelete
  18. kunjungan yg sangat bermanfaat....
    terimakasih gan....

    ReplyDelete
  19. terimakasih infonya gan...
    sangat bermanfaat.....

    ReplyDelete

 

My Photo
Terima kasih telah berkunjung